lokalatih patimuan

Patimuan – Kamis (11/12/2014) mengadakan Lokalatih Tata Kelola Informasi Desa. Loka latih diikuti oleh peserta dari 3 desa yakni Desa Patimuan, Desa Cinyawang Kecamatan patimuan dan Desa Bumireja Kecamatan Kedungreja.

Loka latih ini bertujuan agar pemerintah desa bisa memberikan layanan informasi kepada warganya menggunakan teknologi informasi. Salahsatunya adalah layanan informasi melalui website/portal desa. Lokalatih difasilitasi oleh Relawan Desa Cilacap, RelawanTIK Cilacap, Pusat Teknologi Komunitas (PTK) mahnetik.

Selain melalui website desa, tatakeloa informasi desa bisa dilakukan dengan memanfaatkan layanan sms, papan informasi desa dan forum-forum pertemuan di desa.

Kepala Desa Patimuan Icuk Sudiarto mengatakan bahwa pengelolaan informasi di desa melalui portal desa sudah harus mulai mengingat pengguna internet yang semakin meningkat.

“Kami sudah lama ingin memberikan layanan informasi kepada warga desa yang berada diluar desa. banyak warga patimuan yang ada di Jakarta, dan luar negeri. Nah, website desa ini mudah-mudahan bisa memberikan layanan tersebut. Selain itu potensi desa juga bisa kabarkan secara lebih luas,” Ujarnya.

Tindak lanjut loka latih pelatihan ini salahsatunya adalah akan ada lokalatih rutin setiap bulan untuk pemetaan kebutuhan informasi desa dan pengemasan informasinya.