radio 2Patimuan – Tahun 2015, Pemerintah Desa Patimuan mengembangkan Pasar Desa dengan melakukan renovasi lapak, kios dan menata kelola informasi pasar dengan penyediaan Radio Land.

“Khusus untuk tata kelola informasi pasar, selain Radio Land–yang bisa diakses di radio.patimuan.desa.id–, kami juga sedang membuat lapak online di pasar.patimuan.desa.id dan juga majalah desa. Tata kelola informasi pasar ini dilakukan agar informasi pasar dan produk pasar bisa diakses darimanapun.

Dalam proses pengembangan tata kelola informasi pasar, kami dibantu Relawan dari Jaringan Radio Komunitas Jateng, Relawan TIK Cilacap, Gerakan Desa Membangun, Perkumpulan Pangku dan Jatengstream”, Ujar Icuk Sudiarto, Kades Patimuan.

“Pasar Desa Patimuan ingin kami kembangkan sebagai pasar tradisional yang nyaman bagi konsumen dan menguntungkan pedagang serta masyarakat desa”, Sukartono, pengelola Pasar Patimuan menambahkan.

“Pasar tradisional kebanyakan melupakan sisi tata kelola informasi, sehingga pasar tradisional perkembanganya sangat lambat. Omset pedagang dari hari ke hari semakin menurun, konsumen berpindah ke pasar modern. Di jaman era informasi ini, pasar tradisional mesti berbenah untuk menata kelola informasi pasar sebagai sarana promosi, layanan, pendidikan dan juga hiburan warga pasar”, ujar Akhmad Fadli pegiat Jaringan Radio Komunitas Jawa Tengah.

Fauzi (38) pegiat Gerakan Desa Membangun dari Sidareja mengatakan bahwa konsumen yang melakukan belanja jarak jauh semakin meningkat dari tahun ke tahun. Jika memungkinkan, pengelola pasar juga menyediakan layanan belanja jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Radio Land Pasar Desa Patimuan siaran setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu sesuai hari pasaran. Radio Land ini juga bisa didengarkan secara online di radio.patimuan.desa.id mulai pukul 06.30 – 14.00 WIB. Pendengar juga bisa melakukan interaksi via sms ke nomor +6281229263246.

radio land patiumuan